Warga Turki, Libanon, Suriah dan Yordania Akan Bebas Visa

Friday, 11 June 2010

print this page
send email
Turki, Libanon, Yordania dan Suriah sepakat pada hari Kamis kemarin (10/6) untuk mendirikan zona perdagangan bebas, lengkap dengan aturan perjalanan bebas visa untuk warga negara mereka, sebuah deklarasi bersama yang telah dikeluarkan.

Empat negara akan membentuk sebuah dewan kerjasama untuk mengembangkan kemitraan strategis jangka panjang dan membuat zona pergerakan bebas barang dan orang antar negara, kata hasil dari kesepakatan itu.

Kesepakatan itu disetujui oleh para menteri luar negeri dari empat negara yang bertemu di sela-sela forum kerjasama ekonomi Turki-Arab di Istanbul.

Zona perdagangan bebas akan didasarkan pada perjanjian bilateral yang ada dan praktek perdagangan bebas dan bebas visa antara pihak-pihak yang melakukan kesepakatan, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa Turki dan Libanon diminta untuk menyelesaikan suatu pengaturan bilateral sebelum proses empat arah bisa berjalan kedepannya.

"Mekanisme akan terbuka bagi partisipasi dari semua negara persaudaraan dan lainnya di kawasan itu."

Pemerintah Turki yang sekarang berkuasa berakar dari kelompok Islam, berkuasa sejak tahun 2002, telah meningkatkan hubungan dengan dunia Arab, pada masa lalu sering diabaikan karena orientasi tradisional di tengah negara yang pro-Barat.(fq/aby)

SUMBER

0 comments:

Post a Comment