Obama Dukung Penuh Kepentingan Israel

Monday, 31 May 2010

print this page
send email
Di tengah aksi pembantaian pasukan Israel terhadap ratusan aktivis yang membawa misi bantuan ke Gaza, Presiden AS Barack Obama menyatakan akan memberikan "jaminan yang konkret" pada Israel, untuk mencegah setiap upaya yang ingin mengganggu kepentingan Israel.

Sumber-sumber di kalangan politisi senior Israel di Al-Quds mengatakan bahwa Obama memberikan jaminan pada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa AS akan membantu peningkatan kemampuan militer Israel.

"Presiden Obama menegaskan pada Netanyahu bahwa AS akan memberikan 'jaminan yang konkret' untuk memperkuat kemampun strategis Israel," kata mereka seperti dilansir Jerusalem Post.

Sebelumnya, Israel menyatakan menolak kesepakatan yang dicapai 189 negara penandatangan perjanjian non-proliferasi nuklir (NPT), yang akan menjadikan kawasan Timur Tengah sebagai kawasan bebas senjata nuklir.

Kesepakatan itu juga menyatakan pentingnya melakukan penilaian atas aktivitas nuklir Israel dan menempatkan seluruh fasilitas nuklir Israel dibawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

PM Israel Benjamin Netanyahu mengecam kesepakatan itu dan menolak untuk hadir dalam pertemuan tingkat tinggi membahas Timur Tengah yang bebas senjata nuklir, yang akan digelar pada tahun 2012.

Pernyataan Netanyahu mendapat dukungan dari Presiden Obama yang ikut mengkritik kesepakatan 189 negara itu. Obama pun berjanji akan mencegah resolusi PBB menyusul kesepakatan ini, untuk melindungi kepentingan Israel. (ln/prtv)
SUMBER

0 comments:

Post a Comment