Keseringan Buang Air Kecil

Saturday, 8 May 2010

print this page
send email
Buang air kecil yang terlalu sering bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain infeksi saluran kencing, penyakit diabetes militus, gangguan saraf dan diabetes insipidus. Masing – masing mempunyai karakteristik yang berbeda.
Infeksi saluran kencing disebabkan karena adanya bakteri di saluran kencing, dengan gejala kencing sering, tapi sedikit-sedikit dan nyeri saat kencing.
Diabetes militus atau kencing manis mempunyai gejala kencing sering dan banyak, disertai dengan banyak minum, banyak makan, jika sudah berlangsung lama akan menyebabkan berat badan turun, lemas dan mudah cape.

Diabetes insipidus termasuk jenis gangguan yang sangat jarang, yaitu akibat tidak adanya hormon ADH (anti diuretik hormon) sehingga air dalam saluran ginjal tidak ada yang menahan dan keluar lewat ginjal dan terbentuklah urin (bak) yang banyak.

Kelemahan saraf karena penyakit tertentu (seperti ketuaan, trauma dll) dapat menyebabkan otot kandung kencing (spingter uretra) tidak dapat menahan urin yang tertampung di dalamnya, sehingga air kencing akan keluar terus dari saluran kencing.

Untuk mengetahui kemungkinan penyakit di atas, saran saya sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh dan pemeriksaan laboratorium agar penyakitnya diketahui dan insyaallah dapat disembuhkan. Wallahu’alam bisshowab.
Bersama dr. Agus Rahmadi
Wassalam.

0 comments:

Post a Comment