Armada Kebebasan Tiba Gaza dalam 24 Jam

Saturday, 29 May 2010

print this page
send email
Brussel : Koalisi Armada Kebebasan menegaskan, kapal-kapal armada akan bertolak dari pantai Cyprus pagi ini Sabtu (29/5) dan akan tiba di Jalur Gaza besok pagi Ahad (30/5).

Organisasi Kampanye Eropa Anti Blokade Gaza – salah satu pembentuk Koalisi Armada Kebebasan menegaskan dalam salinan konferensi persnya yang diterima Infopalestina bahwa para penyelenggara aksi solidaritas ini memutuskan untuk memberangkatkan Armada Kebebasan pada pagi ini Sabtu setelah semua kapal berkumpul di perairan Cyprus.

Sementara itu panitia di skoci 8000 milik Organisasi Kampanye Eropa Anti Blokade Gaza menerima pesan dari dinas berpihak di Cyprus agar tidak membolehkan membawa peserta yang ada di Cyprus apalagi kebanyakan dari mereka adalah parlemen, politisi, anggota Organisasi Kampanye.

“Kami dikagetkan dengan surat dan pesan itu. Apalagi armada memang tidak berniat berlabuh di pelabuhan Cyprus namun tetap saja semua armada akan berkumpul kembali di titik pemberangkatan. Kemungkinan pada aleg dan tokoh penting yang berada di Cyprus untuk kemudian bergerak.” Tegas organisasi.

Selain itu ada dua skoci bagian dari Armada ini mengangkut sejumlah aktivis solidaritas mengalami masalah teknis namun itu sudah bisa diatasi sesuai dengan rencana sebelumnya. Para aktivis dibagi dalam kapal Turki dan lainnya ikut kapal Organisasi Kampanye Eropa.

Armada Kebebasan terdiri dari enam kapal salah satunya adalah “skoci 8000” menunjuk kepada jumlah tahanan Palestina di penjara Israel.

Armada ini hanya mengangkut 750 peserta dari lebih 40 negara meski masih banyak permintaan dari warga dunia untuk ikut dalam aksi ini. Dalam aksi ini menurut rencana akan diikuti oleh 44 tokoh resmi, anggota parlemen, politisi Eropa dan Arab termasuk 10 aleg dari Aljazair.

Kapal-kapal dari Armada Kebebasan ini membawa lebih dari 10 ribu ton bahan bantuan medis, bahan bangunan dan kayu, 100 rumah siap huni (bongkar pasang) untuk warga yang kehilangan rumah akibat agresi Israel ke Gaza awal tahun 2009, juga mengangkut 500 kereta listrik untuk penyandang cacat terutama karena ada 600 orang penyandang cacat di Jalur Gaza akibat agresi Israel. (bn-bsyr)
SUMBER

0 comments:

Post a Comment